Subscribe:

Minggu, 06 November 2011

Asal Usul Terbentuknya Sistem Tata Surya Kita

Banyak sekali ilmuan-ilmuan yang mencari tahu sejarah terbentuknya tata surya kita. Nah baru-baru ini para ilmuan menemukan bukti-bukti tentang asal mula terbentuknya tata surya kita ini. Dan di publish kan di Discovery Channel 2 hari yang lalu. Dan saya dapat mengambil inti-intinya dari pengetahuan yang saya dapat dari acara tersebut.



Dahulu sebelum tatanan tata surya kita sebagus dan setenang sekarang ini, tatanannya kacau balau. Tabrakan, ledakan, dan masih berbentuk asteroid. Semakin lama, asteroid-asteroid tersebut menggumpal menjadi satu hingga terbentuk lah planet. Tapi kondisi luar angkasa di tata surya kita masih kacau balau. Masih banyak sekali tabrakan-tabrakan dan ledakan-ledakan antar planet. Nah dari tabrakan-tabrakan itulah yang mengatur posisi planet-planet yang mengorbit matahari.


Lambat laun, sistem tata surya kita menjadi lebih tenang, tapi itu masih belum selesai, bermilyar-milyar tahun yang lalu, ada kejadian dimana planet neptunus berubah posisi dengan planet yang orbitnya lebih jauh dari neptunus terhadap matahari (saya lupa nama planetnya. .hehe). Itu disebabkan ada planet lain di tata surya kita yang mengorbit tata surya kita dengan kecepatan 2 kali lipat dari kecepatan putaran neptunus terhadap matahari. Sehingga planet neptunus keluar jauh dari orbitnya dan menuju sabuk asteroit yang letaknya diluar sistem tata surya kita, sehingga neptunus di hujam dengan banyak sekali meteor-meteor. Dan fungsi dari tabrakan-tabrakan itu ada rem, yang menghentikan loncatan planet sehingga mendapatkan posisi orbitnya lagi.

Semakin lama, sistem tata surya kita semakin sempurna dan tenang dan akhirnya seperti sekarang ini. Tapi planet kita ini masih tidak terhindar dari tabrakan meteor. Seperti meteor yang jatuh di laut Mexiko pada 65 juta tahun yang lalu yang mengakibatkan musnahnya 70% makhluk hidup di bumi. Jika itu terjadi lagi sekarang, mungkin populasi manusia akan musnah. Nah disamping itu, ada planet yang berfungsi meminimalkan tabrakan asteroid ke bumi, yaitu planet jupiter. Planet jupiter memiliki daya gravitasi yang jauh lebih besar dari bumi, sehingga asteroid-asteroid dari luar sistem tata surya kita yang masuk ke dalam wilayah tata surya kita, akan dihalau oleh planet tersebut atau jatuh di sana. Sehingga bumi jarang sekali terkena tabrakan asteroid.

<==IKLAN==>



Dimasa depan, matahari akan semakin kehabisan energi, kemudian matahari akan terus membengkak hingga sebesar orbit bumi, itu terjadi kira-kira 5 miliar tahun kedepan. Selama matahari semakin membesar, bumi akan menjadi panas, lalu lautan menguap, daratan meleleh, dan tak ada 1 pun makhluk hidup yang bisa hidup di sini.
Matahari yang sudah kehabisan masanya itu kemudian melahap bumi menjadi uap. Lalu matahari meledak hebat, dan menyisahkan bintang kecil yang sudah mati, yang suhunya dingin sekali yang disebut dengan katai putih, dan planet-planet yang tidak terkena ledakan seperti saturnus dan lain-lainnya, akan bertahan dengan gas heliumnya meskipun kondisi planetnya lebih dingin.


Seperti halnya hukum alam di bumi, apa yang berawal pasti berakhir. Hukum itu juga berlaku di jagat raya ini.


Mungkin ini saja ilmu yang bisa saya dapat dan bisa saya publish kan. .terima kasih :)

7 komentar:

pemeriharaan mesin mengatakan...

semoga bermanfaat

cleaning services mengatakan...

keren

Armstrong Indonesia mengatakan...

bagus

motivator indonesia mengatakan...

mantap

rumah dijual mengatakan...

salam kenal

jantung koroner mengatakan...

tips yang bagus

Vicky Andreas mengatakan...

trima kasih atas komentarnya :-)
semoga bermanfaat :-)

Poskan Komentar